KPU Bisa Umumkan Lebih Cepat Pemenang Pilgub Jabar

Komisi Penentuan Umum (KPU) Jawa Barat menyebutkan pengumuman hasil rekapitulasi surat nada Penentuan Gubernur 2018 dapat diumumkan lebih cepat dari jadwal awal mulanya, 9 Juli yang akan datang.

Komisioner KPUD Jawa Barat Aang Ferdi menyampaikan hal semacam itu sangat mungkin lantaran sistem penghitungan surat nada dari 74 ribu TPS yang menyebar di semua Jawa Barat ini dapat usai di tanggal 7 atau 8 Juli yang akan datang, atau dua hari lebih cepat dari waktu pemilihan awal.

KPU Bisa Umumkan Lebih Cepat Pemenang Pilgub Jabar

” Dapat lebih cepat, pada tanggal 8 atau 7 mungkin saja dapat diumumkan, ” kata Aang Ferdi saat didapati di Gedung KPUD Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (28/6).

Di satu segi, disadari Aang, percepatan ini dapat jadi kesempatan untuk KPU untuk mengatasi lebih cepat misal ada tuntutan hasil dari satu diantara paslon atau pendukung yang tidak terima dengan hasil perhitungan KPU (real count).

” Contohnya kelak ada yang ingin tuntut ini jadi dapat di-handle (tangani) lebih cepat, di tanggal sembilan dapat segera diakukan, ” tuturnya.

Aang menyampaikan sekarang ini sistem rekapitulasi tetap dikerjakan di tiap-tiap tingkat TPS serta RT/RW. Penghitungan atau rekapitulasi data di tanggal 4 Juli yang akan datang bakal dikerjakan di tingkat kecamatan, disusul lalu ditingkat kabupaten/kota.

” Nah jadi tanggal 7 atau 8 Juli telah keluar lah hasil siapa yang menang, ” kata Aang.

Atas basic belumlah ada hasil resmi dari KPU, Aang mengimbau pada beberapa paslon serta pendukung dalam Pilgub Jawa barat tak bereuforia terlalu berlebih sesudah lihat hasil perhitungan cepat (quick count) beberapa instansi survey.

” Kelak tunggulah saja tidak hingga dua minggu juga hasil telah kami mengeluarkan, yang riil betul-betul riil, ” tuturnya.

Walau demikian, Aang menyebutkan hasil beberapa instansi survey yang sudah memenangi pasangan calon gubernur serta wagub nomer urut satu Ridwan Kamil-UU peluang tidak bakal menjumpai ketidaksamaan penting dengan hasil real count KPU yang dijadwalkan keluar pada 9 Juli yang akan datang.

Karena, kata Aang, umumnya instansi survey ini sudah ambil sampel dari pemilih yang sudah memastikan hak pilihnya.

” Ya umumnya sich memanglah engak beda jauh akhirnya, namun paling hanya beda di angka, ” tuturnya.

Terlebih, kata Aang, untuk hasil instansi survey itu dapat disebutkan jadi hasil cara ilmiah lewat hitungan statistik yang dapat dipertanggungjawabkan akhirnya dengan cara kelimuan.

” Dengan catatan hitungnya benar, bukanlah asal siapa yang pesan, ” tuturnya.

Berdasar pada hasil quick count beberapa instansi survey yang diawasi CNNIndonesia. com yaitu SMRC, LSI Denny JA, Charta Politika, serta Indo Acuan, Pilgub Jawa barat dimenangi paslon nomer urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Mereka mempunyai pencapaian nada berdasar pada quick count empat instansi ini berada di kisaran 32, 26%-33, 51%.

Mereka terpaut tidak tebal dengan posisi ke-2 yang dihuni paslon nomer urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu. Empat instansi ini mencatat pencapaian nada Sudrajat-Syaikhu ada di kisaran angka 28, 54%-30, 12%.

KPU Dapat Umumkan Lebih Cepat Pemenang Pilgub JabarRidwan Kamil serta Uu Ruzhanul Ulum sesaat itu unggul untuk jadi Kepala Daerah baru Jawa barat berdasar pada hasil quick count beberapa instansi atas Pilgub Jawa barat 2018. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)

Berdasar pada data yang di terima KPU Jawa barat, berlangsung penambahan angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak di daerah itu.

Seperti diambil dari Pada, Ketua KPU Jawa barat Yayat Hidayat menyebutkan dalam laporan Desk Pilkada Pemprov Jawa barat terdaftar angka partisipasi pemilih menembus angka 72%. Jumlahnya ini lebih tinggi dibanding Pilgub 2013 yang lalu yang sampai 63, 85%.

Berdasar pada pantauannya di lapangan, beberapa pemilih pemula banyak juga yang ketertarikan dalam pilkada serentak itu seperti di Kota Bandung, Bekasi, serta Depok.

” Yang saya saksikan tuch dengan cara kasat mata di perkotaan bertambah, seperti di Depok bertambah 15 %, Bekasi diatas 70 % umumnya seputar 50 % di perkotaan, ” kata Yayat.

Be the first to comment on "KPU Bisa Umumkan Lebih Cepat Pemenang Pilgub Jabar"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*